Home > Umum > Ternyata 5 Bagian Tubuh Manusia yang Kecil Banget Ini Punya Nama

Ternyata 5 Bagian Tubuh Manusia yang Kecil Banget Ini Punya Nama


Coba sebutkan nama-nama bagian tubuh lo daru ujung rambut sampai kaki. Pasti lo bakal nyebutin yang umum banget. Misalnya aja, rambut, mata, hidung, telinga, tangan, jari, dan kaki. Padahal ada bagian-bagian kecil yang ternyata juga punya nama. Akan tetapi nggak banyak orang yang tahu kalo bagian itu punya nama.

Nah, biar lo makin kenal sama diri lo sendiri, P! mau ngasih tahu nih beberapa nama bagian tubuh yang selama ini dianggap nggak punya nama.

 

1. Hallux


Hallux adalah nama lain ibu jari kaki. Walaupun bagian ini cuma kecil ternyata hallux menumpu 40% dari berat badan kita. Selain itu, hallux juga bikin tubuh tetap seimbang saat di posisi vertikal.

 

2. Lacrimal caruncle


Lo mungkin pernah belajar bagian-bagian mata, tapi lo nggak dikasih tau kalo bagian pojok mata yang deket sama hidung itu punya nama. Namanya adalah lacrimal caruncle.

 

3. Nasolabial fold


Coba lo ngaca terus lo senyum. Nah, saat bibir lo terangkat, bakal ada garis yang muncul di deket hidung dan bibir lo. Garis itu bukan disebut pipi karena ada di bagian pipi. Garis itu punya nama sendiri, yaitu nasolabial fold.

Baca Juga:  10 Dewa dan Dewi Mesir Kuno yang Paling Terkenal

 

4. Span


Pernah denger belom kalo jari bisa dipakai sebagai alat ukur. Hal itulah yang dilakuin sama orang di zaman kuno saat alat pengukur belom ditemukan. Saat itu panjang sesuatu bisa diukur dengan menggunakan jarak antara ibu jari dan jari telunjuk. Nah, jarak itulah yang disebut span. Ukurannya antara 7 sampai 9 inchi.

 

5. Frenulum


Sekarang coba lo ngaca lagi sambil mangap. Coba angkat lidah lo ke atas. Di bagian bawah lidah ada semacam otot tepat di bagian lidah. Itu namanya frenulum. Selama ini orang menanggapnya sebagai lidah. Udah itu aja. Padahal bagian itu punya nama sendiri. Oya, walaupun kecil, kita tetep harus bersyukur udah punya frenulum. Berkat frenulum lidah kita bisa bergerak.

Baca Juga
Pesawat yang Hilang 54 Tahun Lalu Akhirnya Ditemukan
7 Kondom ini Miliki ‘Rasa’ Musisi Dunia
Main Game Online Selama 3 hari, Pria China Tewas di Warnet
5 Bencana Tanah Longsor Terdahsyat Yang Terekam Kamera

Komentar